Logo

Logo
Latest News
Tuesday, September 15, 2015

Berto Lalo Ajak Diaspora NTT Sukseskan Pameran Bertajuk Eksotika NTT 2015 di Jakarta


JAKARTA, MB.COM – Pada tanggal 15 – 18 Oktober 2015, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi NTT, berencana menggelar Pameran Eksotika NTT, yang bakal dihelat di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Acara yang digagas oleh Ketua Dekranasda NTT, Lusia Adinda Lebu Raya ini, akan memamerkan berbagai produk kerajinan NTT seperti kerajinan tenun ikat, fashion, handy craff, dan juga yang sedang populer saat ini, batu akik asli NTT. Selain itu, acara pameran ini, juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni budaya yang khas NTT seperti tarian Hekong, Tarian Komodo, dan tarian-tarian kreasi baru yang masih kental kekhasan NTT-nya.

Guna mensukseskan acara tersebut dan apalagi dilaksanakan di Jakarta, maka Kepala Kantor Perwakilan Provinsi NTT Jakarta, Berto Lalo, pada Sabtu (12/9), mengundang sejumlah komunitas diaspora NTT Jakarta untuk turut serta mensukseskan acara tersebut. Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Perwakilan NTT, Tebet, Jakarta Selatan, Berto menjelaskan bahwa ide menggelar acara pameran tersebut sebenarnya bermula dari kebiasaannya mem-posting dan men-share beragam foto kegiatan diaspora NTT Jakarta, baik yang dilakukan di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Anjungan NTT di TMII, maupun di tempat lainnya di Jakarta. Ketua Dekranasda NTT, Lusia Adinda Lebu Raya, yang juga sering melihat postingan itu, lalu melahirkan ide bagaimana jika kebiasaan diasporas NTT Jakarta menggelar event kebudayaan itu dipadukan dengan program Dekranasda NTT dalam hal mempromosikan kerajinan dan pariwisata NTT.

 “Karena itulah Bapak Ibu sekalian, pada hari ini saya mengundang anda semua untuk bersama-sama mensukseskan acara pameran ini, ide menggelar pameran ini sendiri, sebenarnya lahir dari kebiasaan kita menggelar event-event kebudayaan di Jakarta,” ujar Berto dihadapan sekitar 10 komunitas NTT Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) Jakarta, Ikatan Keluarga Besar Maumere (IKBM) Jakarta, Ikatan Keluarga Amarasi Jakarta, Ikatan Keluarga Lama Holot Jakarta, Ikatan Keluarga Wuamesu (Ende Lio dan sekitar) Jakarta, dan sebagainya.

“Selain karena alasan tersebut, saya juga ingin agar setiap kegiatan Pemerintah Provinsi NTT di Jakarta, terutama yang berhubungan dengan aspek sosial kemasyarakatan, juga diketahui dan ikut dimeriahkan oleh komunitas NTT yang ada di Jakarta. Jangan sampai orang-orang dari NTT buat acara gede-gedean di sini, tapi orang NTT Jakarta sendiri tidak tahu acara itu ada. Hal seperti inilah yang saya tidak mau terjadi, karena itulah saya sangat rindu Bapak Ibu ikut terlibat di dalamnya,” tegas Berto.

Ajakan Kepala Kantor Perwakilan NTT di Jakarta itu, langsung disambut antusias oleh perwakilan komunitas NTT Jakarta hadir dalam pertemuan tersebut. Mereka berjanji akan berusaha semaksimal mungkin mensukseskan acara pameran tersebut. Selain mengundang komunitas NTT Jakarta, panitia pameran juga akan mengundang sejumlah duta besar negara sahabat, pengusaha nasional, kolektor produk-produk kerajinan, dan komunitas-komunitas lainnya. (NTTONE)
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berto Lalo Ajak Diaspora NTT Sukseskan Pameran Bertajuk Eksotika NTT 2015 di Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Infiltrasi