Logo

Logo
Latest News
Friday, November 28, 2014

Kabinet Kerja, Perjuangan Baru Dimulai

Kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo terbentuk sudah. Ada perubahan postur dibanding kabinet pemerintahan sebelumnya. Presiden Jokowi menamai kabinet bentukannya ini dengan Kabinet  Kerja. Harapan memang tak selalu menemui kenyataan. Gelora yang penuh gairah di awal, mulai menemui kenyataan baru.

Jarak antara harapan dengan kenyataan yang menganga ini terbilang cepat. Jarak ini bekerja dalam hitungan hari. Pengumuman kabinet di kawasan Tanjung Priok yang tiba-tiba batal merupakan satu titik yang membuat harapan menjauh. Jurnalis yang sejak pagi diboyong dengan bus istana gagal membawa kabar penting yang dinanti itu.

Harapan besar itu kian menyusut. Ia seakan menabrak kenyataan. Politik tanpa syarat ternyata memang bukan perkara mudah. Pemerintahan bersih adalah impian. Meminta saran KPK atas nama-nama menteri tentu iktikad yang layak diapresiasi. Namun, langkah baik tentu mensyaratkan cara yang baik. Langkah ini ternyata memiliki komplikasi. Sama kompleksnya dengan kehadiran rumah transisi. Pelbagai karut-marut pendapat mengenai situasi di balik panggung memenuhi percakapan publik. Kebenarannya tersembunyi dalam samar-menyamar informasi. Tabir asap menyelimuti  fakta. Tafsir berseliweran.

Kompleksitas persoalan ini menganga lebar. Tentu, secara retoris, kita bisa mengatakan bahwa, tidaklah mudah untuk memuaskan semua orang. Memang demikianlah adanya. Soalnya, langsung atau tidak, harapan itu telah diamini.

Pada posisi ini, peta relasi politik seakan kembali menemui hukum sejarah. Publik kembali ke tempat awal. Kekuasaan kembali ke tempat semula. Politik kini kembali seperti sediakala. Secara dialektik, relasi ini akan menguntungkan. Kritik akan tumbuh bak cendawan. Harapan tetap terjaga dalam kritik. Pemutlakan gugur oleh kesadaran.

Perjuangan politik, dengan ini, akan menjadi lebih cemerlang. Dialektika politik tak lagi sekedar romantisme, ia kembali dinamis. Kenyataan ini akan membangkitkan kesadaran posisi. Bahwa, setelah kekuasaan baru terbentuk, sesungguhnya perjuangan politik itu baru dimulai. Dukungan yang utama pada kekuasaan baru kini memasuki tahap selanjutnya: Kritik.

Presiden Joko Widodo telah  bertaklimat pada para menterinya, "Jaga kepercayaan rakyat, dengan bisa tunjukkan bukti kerja pada rakyat, dan untuk kepentingan rakyat Indonesia."

Alhasil, Presiden Joko Widodo, telah mengambil langkah, memilih kawan seiring. Publik saatnya, memastikan posisi. Kekuasaan tanpa kritik tak ubah dengan penaklukan.  Kerja publik adalah kritik. Perjuangan baru dimulai. (dadang rhs)
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kabinet Kerja, Perjuangan Baru Dimulai Rating: 5 Reviewed By: Infiltrasi