Logo

Logo
Latest News
Friday, August 8, 2014

Pemkab Ende akan Gelar Festival Kelimutu

 Foto: Danau Kelimutu Ende Flores

MB.Com, ENDE,-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende, melalui Dinas Pariwisata akan melakukan festival Kelimutu. Festival dengan julukan sepekan pesta danau Kelimutu tersebut rencananya dimulai dengan upacara taga kamba (bantai kerbau) pada tanggal 7 Agustus di lapangan Pancasila, Ende.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Marmi Kusuma kepada FBC, di ruangan kerjanya, Selasa, (5/8/2014), menjelaskan tujuan festival Kelimutu tersebut untuk promosi serta melestarikan budaya dan pariwisata yang ada di kabupaten Ende.

“Kegiatan nanti dinamakan sepekan pesta danau Kelimutu. Tujuan untuk promosi budaya dan pariwisata yakni wisata bahari dan wisata alam,”katanya.

Menurutnya, gelar festival yang akan dilakukan nanti atas inisiatif Pemerintah Daerah Ende bekerja sama dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Festival ini akan menjadi rutinitas setiap tahun. “Kita lakukan setiap tahun dan terus mempromosikan di mata dunia,”ujarnya.
Feridinan Rada, salah seorang tim tracking Kelimutu, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, dalam acara sepekan pesta danau Kelimutu, dilakukan juga tracking Kelimutu. Tracking ini, rencananya akan dilakukan dari Taman Nasional Kelimutu, menuju Sa’o Ria (rumah besar) di Moni.
Saat ini, ada 25 kelompok yang telah mendaftar untuk melakukan tracking. Masing-masing kelompok akan mengikuti dua orang anggotanya. Saat tracking, peserta masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mengambil gambar menggunakan kamera di sekitar danau, dan gambar tersebut diserahkan ke dewan juri untuk menilai.

“Kita akan melakukan tracking dari danau ke sa’o ria. Dalam perjalanan kita memberikan tugas kepada peserta untuk foto dan foto itu diserahkan ke kami untuk melakukan penilaian. Ada 25 kelompok yang sudah daftar,”ujarnya.

Sepekan pesta danau kelimutu akan dilanjutkan dengan acara pati ka (beri makan kepada leluhur) di danau kelimutu dan dilakukan pawai pembangunan di kota Ende.
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemkab Ende akan Gelar Festival Kelimutu Rating: 5 Reviewed By: Infiltrasi