Logo

Logo
Latest News
Saturday, May 15, 2010

" PANTAI KOKA DESTINASI WISATA YANG TERLUPAKAN "

Pantai Koka adalah satu dari sekian banyak pantai yang  memiliki pemandangan indah dan terkenal sejak lama, berada dipesisir pantai selatan 48 kilometer dari Kota Maumere. Pantai Koka merupakan salah satu objek wisata yang terletak di desa (Mbengu) Wolowiro kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Maumere Flores NTT. Taman Wisata Alam dengan Panorama yang indah serta pasir pantainya yang putih membuat kawasan ini setiap hari minggu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang tinggal disekitar wilayah perbatasan Kab. Sikka dan Kab. Ende. Pantai Koka, kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu pemandangan perbukitan yang kokoh serta menara batu "Nusa Toe"  berdiri menjulang sekitar 20 meter di laut dangkal, dari kejauhan menjadi suguhan ukiran alam yang indah dipandang mata.

Sekitar 20 tahun silam, pantai Koka adalah surga bagi wisatawan Belanda yang pernah tinggal didesa Watuneso, Kecamatan Lio Timur Kab. Ende, bersama Pater Theodorus Yoseph Visser, SVD. Kehadiran Pater Visser memberihkan warna tersendiri bagi kemajuan pantai Koka sebagai destinasi wisata yang cukup menarik, sehingga tempat ini kerap dikunjungi masyarakat disekitarnya. Pater Visser juga turut memberihkan kontribusi besar membenahi akses menujuh pantai Koka, karena beliau adalah motivator dan pelopor sekaligus donatur utama pembukaan jalan dari desa Wolowiro menujuh pantai Koka yang berjarak sekitar 2 kilometer, sehingga bisa dilalui kendaraan roda empat.

Berbagai khazana hewan liar seperti burung-burung yang berterbangan menari-nari disekitar pantai, dan aneka hayati laut seperti ikan-ikan berwarna-warni nan cantik yang berkembang biak serta semilir angin yang berhembus turut melengkapi indahnya pantai Koka. Pada pagi hingga soreh hari, panorama pantai Koka sungguh sangat menakjubkan sehingga siapapun yang berada ditempat ini serasa tak ingin pulang kendati matahari sudah kembali keperaduan. Seharusnya sudah saatnya tempat ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai agar wisatawan merasa kerasan dan nyaman berada ditempat ini. Hingga kini, pantai Koka masih menunjukan keindahan yang luar biasa, namun sayang, pantai ini terkesan tidak diperhatikan oleh Pemerintah daerah setempat. Mungkinkah kelak, Pemerintah akan menyadari nilai eksotika alam yang dimiliki pantai Koka ? Hmhmhmhmh....Sayang, seribu sayang jika mereka menyia-nyiakan pantai Koka !!!!



By; Marlin Bato

WANES-LISE
  • Facebook Comments
Item Reviewed: " PANTAI KOKA DESTINASI WISATA YANG TERLUPAKAN " Rating: 5 Reviewed By: Infiltrasi